KELAS PEMILU UNTUK PEREMPUAN

Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta pada tanggal 11 Juli 2012 mengadakan Kegiatan Kelas Pemilu untuk Perempuan bertempat di Hotel Dana, Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Kegiatan Kelas Pemilu untuk Perempuan tersebut dilaksanakan dalam rangka Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada dengan peserta PKK se-KotaSurakarta. Pelaksanaan kelas Pemilu tersebut merupakan kegiatan pertama yang merupakan bagian dari rangkaian 3 kegiatan Kelas  Pemilu yang dijadwalkan mulai tanggal 11, 17, dan 18 Juli 2012.

Para peserta yang semuanya adalah ibu-ibu PKK se-Kota Surakarta mulai registrasi Acara pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan Kelas Pemilu dibuka dengan Sambutan dari Ketua PKK se-Kota Surakarta, yang diwakili oleh Wakil Ketua PKK Ibu Rudyatmo. Selanjutnya Sambutan dari Ketua KPU Kota Surakarta, Bapak Didik Wahyudiono, dan dilanjutkan Doa.

Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Ketua KPU Kota Surakarta Bapak Didik Wahyudiono. Materi yang disampaikan berisi tentang Pentingnya Pelaksanaan Pemilihan Umum. Dimulai dengan pengertian Demokrasi dan prakteknya di Indonesia, Pelaksanaan Pemilu, dan Pentingnya Kegiatan Pemilu. Peserta cukup aktif dengan ikut menyampaikan pertanyaan dan memberikan tanggapan atas penjelasan yang disampaikan oleh penyampai materi.

Pada sesi kedua, materi kegiatan Kelas Pemilu disampaikan oleh Anggota KPU Kota Surakarta, Bapak Ir. F. Untung Sutanto. Beliau menyampaikan materi lanjutan tentang pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Peserta Kelas Pemilu. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan bekerjasama untuk menyampaikan pendapatnya secara tertulis dengan pertanyaan :

  1. Pemilu yang berhasil itu memiliki bentuk dan kriteria apa saja?
  2. Untuk mencapai keberhasilan dalam Pemilu, pemilih yang cerdas harus melakukan dan mempertimbangkan apa saja?

Masing-masing kelompok memberikan jawaban serta menyampaikannya secara terbuka di dalam kelas. Peserta secara aktif melakukan tanya jawab berkaitan dengan penjelasan yang disampaikan oleh masing-masing kelompok. Jawaban dari tiap kelompok tersebut kemudian dijadikan bahan diskusi selanjutnya.

Diskusi yang dilakukan dengan antusiasme yang tinggi dari peserta, sehingga suasana menjadi hidup dan setiap peserta tampaknya tertarik dengan isu-isu yang didiskusikan. Akhirnya kegiatan tersebut ditutup dengan penarikan kesimpulan. Diharapkan setelah mengkuti kegiatan Kelas Pemilu untuk Perempuan, semua peserta dapat memahami arti pentingnya pelaksanaan Pemilu di Indonesia dan berperan aktif dalam demokrasi di Indonesia.

0 Responses to “KELAS PEMILU UNTUK PEREMPUAN”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: