KPU Lakukan Sosialisasi Massif

KPU Kota Surakarta tengah melakukan sosialisasi dengan target sebelas kelompok sasaran. Salah satu kelompok sasaran adalah slum area atau masyarakat marginal di daerah berpenduduk padat. Slum area melalui pendekatan budaya dengan pementasan “Wayang Kampung Sebelah” di sembilan titik. Untuk menjangkau kebutuhan sasaran pemilih perempuan dan masyarakat dilakukan di 11 (sebelas) titik pasar tradisional dan memanfaatkan event sunday market di Stadion Manahan. Sedangkan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dilakukan melalui jalur formal dengan metode tatap muka dan dialog yang dilakukan oleh PPK dan PPS.

"Kethoprak Ngampoeng"PPK dan PPS di Kecamatan Banjarsari melakukan sosialisasi dengan menggandeng “Kethoprak Ngampoeng” sebagai media sosialisasi. Pementasan fragmentasi kethoprak ini dipandang sangat efektif dalam menyampaikan pesan, karena disampaikan dengan bahasa yang sederhana disertai banyolan yang menghibur. “Sosialisasi yang dikemas dengan cara yang inovatif dengan mengangkat budaya lokal seperti ini menunjukkan simbiosis mutualisme dalam mengapresiasi guna memaknai pemilukada 2010 ” demikian kata Agus Sulistyo (Anggota KPU Solo) ketika diwawancarai.

“Kethoprak Ngampoeng” di PPS Mangkubumen Akhiri Putaran Sosialisasi di Kec. Banjarsari

Rangkaian akhir sosialisasi di Kecamatan Banjarsari telah ditandai dengan pementasan fragmentasi “Kethoprak Ngampoeng” di Balai Kelurahan Mangkubumen tanggal 29 Maret 2010. Tak kurang 200-an undangan memenuhi ruangan Balai Kelurahan. Muspika yang hadir nampak serius mengikuti materi sosialisasi, sesekali tertawa menyaksikan guyonan yang menyegarkan. Sementara itu, di gedung Balai Kampung Cinderejo KPU menggelar “wayang kampoeng” sebelah yang di sakasikan oleh ratusan penduduk setempat. Nampak hadir ketua dan Anggota KPU Kota Surakarta beserta jajaran kesekretariatan tengah asyik menikmati tontonan budaya tersebut.” Sosialisasi dengan media pertunjukan wayang ini merupakan salah satu sarana pendidikan politik bagi masyarakat”, demikian terang Didik Wahyudiono Ketua KPU Kota Surakarta. Senada dengan Didik, menurut Ketua PPK Kecamatan Banjarsari, H. Soeherman, BA.,” sosialisasi melalui visualisasi gerak dalam kethoprak akan lebih efektif dalam penyampaian pesan-pesan sosialisasi”.

Lain di Kecamatan Banjarsari, lain pula di Kecamatan Jebres. “Sosialisasi di Kelurahan Jebres juga disemarakkan dengan pementasan kethoprak tradisional” demikian disampaikan oleh Sumarmo, Ketua PPK Kecamatan Jebres disela-sela takziah di rumah salah satu anggota PPS Kelurahan Purwodiningratan (Bp. Sukardjo) dimana Bp. Sukardjo telah berpulang meninggal dunia pada tgl 31 Maret 2010 kemarin.

Sosialisasi dengan target slum area melalui Pementasan wayang kampung sebelah berikutnya akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Laweyan, tepatnya di Gedung Serbaguna “Gemilang” Kampung Bendosari Pajang pada tanggal 2 April 2010, pukul 20.00 s/d 23.00 wib. Berdasarkan jadwal sosialisasi KPU pementasan wayang kampung sebelah juga akan dilaksanakan secara berurutan tanggal 3 April 2010 di Ngarsopuro, tanggal 5 April 2010 di Sumber Trangkilan dan putaran terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2010 di Debegan, Mojosongo, Jebres.


0 Responses to “KPU Lakukan Sosialisasi Massif”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: